Senin, 21 September 2015

Seed DI Minecraft..

Game Minecraft terkenal dengan gaya tampilan pixelated dari game tersebut dan juga dunia permainan acak yang bisa berbeda setiap kali kita memulai game baru. Kemungkinan dunia yang mengacak itu menjadi salah satu alasan mengapa game Minecraft sangat banyak disukai orang dan menambah besar tingkat replay value dari game tersebut. Tingkat replay value yang saya maksud adalah suatu tingkatan potensi yang menentukan apabila suatu game dapat tetap dimainkan lagi dengan tingkat kesenangan yang sama setelah diselesaikan untuk pertama kalinya.

Dalam Minecraft, replay value tersebut terdapat pada sistem acak dunia yang akan muncul ketika kita pertama kali memulai game. Tetapi mungkin tidak semua pemain menginginkan dunia yang acak, disinilah ketika mereka akan memakai 'Seed'. Pada intinya, seed adalah semacam kode identik yang bisa terdiri dari huruf dan angka yang akan menghasilkan geometri dunia yang selalu sama. Seeds ini akan sangat berguna apabila kita sebagai pemain tidak ingin berlama-lama untuk memulai suatu game dengan membuat rumah dan perkakas-perkakas dasar terlebih dahulu. Seeds ini juga sangat berguna untuk para pemain yang sudah mengetahui tipe lingkungan seperti apa yang mereka ingin mainkan.

Dan yang menarik dari mekanisme seed ini adalah bahwa apabila tadi saya mengatakan bahwa seed ini dapat dipakai agar dunia yang terbuat dalam minecraft tidak lagi mengacak, tetapi seed juga bisa menambah tingkat replay value yang saya jelaskan sebelumnya, karena memang hampir sama sekali tidak ada batas untuk memasukkan kode-kode kedalam seed. Kode apapun yang kamu masukkan sebagai seed maka akan terbentuk menjadi suatu dunia yang identik dengan kode tersebut. Kode-kode ini bisa dalam bentuk angka, huruf atau bahkan campuran. Apabila kamu bosan dengan dunia acak yang biasa kamu dapatkan ketika memulai game baru, cobalah memasukkan nomor, huruf atau bahkan kata-kata apa saja sebagai seed dan lihatlah dunia macam apa yang akan terhasilkan dari seed tersebut.

Sederhananya, bayangkan saja bahwa konsep seed ini serupa dengan konsep cheat codes yang biasa kita temukan pada game-game lama di playstation 1. Tetapi perbedaannya yaitu adalah apabila cheat codes memberikan semacam kemudahan kepada para pemain agar mereka bisa menikmati suatu game, seed dalam minecraft akan memberikan level yang dapat dinikmati oleh para player sesuai dengan keinginan para player tersebut.

Untuk memakai seed, kamu hanya perlu memasukkan kodenya ketika akan memulai game baru. Sebelum kamu memencet tombol "Create World!", pencet tombol "Advanced" yang terdapat di pojok kanan atas layar. Setelah itu, dalam kolom Seed, masukkan kode yang kamu inginkan, atau salah satu kode dibawah ini apabila kamu ingin memainkan dunia yang ada dibawah. Dan pastikan selalu memilih world type "Infinite" apabila kalian ingin memakai seed. Berikut adalah 5 contoh seed menarik yang dapat kalian coba mainkan.

1.1408106526 - Desa PegununganTips dan Trik Minecraft Pocket Edition - Menggunakan Seed Untuk Menghasilkan Dunia

Dalam seed ini, kita akan spawn dekat dengan gunung yang tinggi dimana terdapat gua yang menembus gunung tersebut dan akan terdapat desa kecil, lengkap dengan warganya dan sawah-sawahan yang dapat kamu panen dan terdapat masih banyak lagi rahasia-rahasia lainnya yang dapat kamu temukan.

2.1407434958 - Desa di Pulau Terpencil
Tips dan Trik Minecraft Pocket Edition - Menggunakan Seed Untuk Menghasilkan Dunia

Seed yang kali ini akan memunculkan kamu ditengah-tengah pulau terpencil, lengkap dengan desa kecil tersendiri. Seed ini menurut saya dapat membuat game ini lebih menantang karena tidak terdapat banyak bahan dasar yang ada di map tersebut dan pulau tersebut sangat terpencil sehingga untuk berpindah pulau membutuhkan waktu dan persiapan yang tepat.

3.Super Pink Sheep - Pulau Terbang
Tips dan Trik Minecraft Pocket Edition - Menggunakan Seed Untuk Menghasilkan Dunia

Dalam seed ini, akan seringkali ditemukan pulau-pulau terbang layaknya UFO. Memang fenomena pulau terbang merupakan sesuatu yang lumayan sering terjadi dalam Minecraft, dan dalam seed ini terlihatlah unik sekali pulau-pulau terbang tersebut dan memungkinkan kita untuk berinteraksi lebih lanjut agar menjadi pengalaman bermain yang unik dan seru.

4. AcE - Desa di Atas Laut
Tips dan Trik Minecraft Pocket Edition - Menggunakan Seed Untuk Menghasilkan Dunia

Seed ini merupakan suatu persembahan untuk para pecinta film Hollywood populer yang dibintangi oleh Kevin Costner yang berjudul Waterworld. Layaknya dalam film Waterworld, seed ini akan menghasilkan desa yang berada diatas laut. Seed ini cocok untuk membuat skenario melawan zombie menjadi lebih seru pada malam hari.

5. its a go - Dunia Salju
Tips dan Trik Minecraft Pocket Edition - Menggunakan Seed Untuk Menghasilkan Dunia

Satu lagi seed yang saat unik yaitu seed ini. Seed ini akan menghasilkan dunia yang diselimuti oleh salju yang sangat luas, lengkap dengann duri-duri es raksasa dan stalaktit yang banyak. Menurut saya dunia ini benar-benar suatu dunia yang unik dan enak untuk dilihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar